Your shopping cart is empty!
View Cart
Credit

Banyak orang memilih untuk membeli laptop secara online, di mana pembeli dapat menemukan pilihan yang lebih luas dan harga yang biasanya lebih rendah. Karena banyaknya  penipu yang membuat toko online/website baik  website berbayar (com) maupun  blog gratisan (blogspot, wordpress, webs, tk, jimdo, dan lain sebagainya). Toko online/website  yang dibuat penipu umumnya antara lain toko elektronik (Blackberry, Ipad, Camera, HP, Laptop/Notebook dan lain sebagainya. Barang-barang seperti ini menjadi jenis barang yang paling rentan tingkat penipuannya. Jadi Anda harus tahu bagaimana tips belanja elektronik baik online maupun offline.

Tips membeli laptop atau notebook baru adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh para calon pembeli sehingga nantinya laptop yang dibelinya adalah laptop atau notebook yang memang diinginkan. Ada beberapa trik atau tips membeli laptop atau notebook yang perlu diketahui sebelum membeli laptop yaitu :

1. jangan sekali-kali membeli laptop hanya karena gengsi, karena percuma mempunyai laptop hanya untuk pajangan dan tidak pernah dipakai atau tidak bisa memakainya
2. jangan terlalu menginginkan laptop yang terbaru dan tercanggih, apabila kebutuhan Anda dengan laptop hanya sebatas untuk mengetik, mendengarkan musik dan browsing internet saja.

3. sesuaikan kebutuhan membeli laptop dengan dana yang Anda miliki, misalkan dana Anda hanya sekitar 4 juta maka jangan terlalu muluk-muluk menginginkan laptop atau notebook dengan spesifikasi yang terlalu tinggi dan lengkap

4. carilah informasi tentang merk laptop, spesifikasi laptop dan harga laptop melalui toko-toko online yang ada di internet, jangan terpaku pada satu atau dua toko laptop saja, tetapi carilah informasinya ke tiga atau lebih toko laptop online yang terpercaya. Hal ini dimaksudkan agar nantinya Anda bisa memiliki panduan tentang merk laptop, harga laptop dan spesifikasi dari laptop yang hendak dibeli

5. ajaklah teman yang lebih berpengalaman tentang laptop atau komputer ketika Anda hendak membeli laptop, baik membeli secara online di internet maupun membeli langsung di toko

6. ketika Anda sudah menentukan laptop yang Anda inginkan dan sudah terjadi transaksi, maka periksalah kelengkapan yang ada seperti CD atau driver motherboard, manual book, kartu garansi, kabel charger, dan seterusnya

7. tanyakan kepada penjual, bagaimana perlakuan terhadap laptop untuk masalah pengisian daya batrei (charge), apakah sebaiknya di-charge saat laptop dipakai atau sebaliknya.

8. telitilah harga laptop yang ditawarkan apakah sudah termasuk harga dengan operating system (OS) atau tanpa operating system (non-OS)

9. apabila laptop yang Anda beli sudah termasuk dengan Operating System, misalnya Windows 7 Home, maka bisa Anda cek tentang kesesuaian hardware yang terpasang dengan spesifikasi yang ada pada laptop. Kesesuaian tersebut meliputi merk dari manufaktur/motherboard, besarnya memori yang terpasang, besarnya kapasitas harddisk, jenis kartu grafis, prosesor, dan sebagainya. Cara mengeceknya adalah dengan menuliskan Dxdiag lalu Enter di tab search (di atas tombol start).

Untuk solusi belanja laptop yang aman baik secara online maupun langsung datang ke toko, percayakan saja di toko kami. Kami adalah pusat penjualan laptop murah di Makassar yang kini hadir secara online untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan elektronik dengan merek-merek terbaru dan kualitas yang tidak diragukan. Tak hanya laptop, kami juga menyediakan elektronik lainnya seperti aneka jenis gadget dan motor Honda yang bisa langsung Anda temukan di toko kami.

Supaya Anda tidak ragu berbelanja di toko kami, berikut ini panduan tips belanja notebook secara online:

  1. Perhatikan dengan seksama website toko online yang menyediakan kebutuhan anda. Jika ada yang terasa  janggal, maka jangan beli barang via website tersebut.
  2. Perhatikan dengan seksama website toko online tersebut. Jika anda testimoni maka anda wajib waspada. Testimoni yang ditampilkan dalam website adalah suatu indikasi bahwa pemilik toko online tersebut tidak percaya diri dengan tokonya. Jika pemilik toko sudah tidak percaya diri dengan tokonya untuk apa pula anda percaya dengan tokonya. Fakta membuktikan bahwa 99,99% testimoni yang ditampilkan di website adalah palsu atau bohong belaka. Secara logika, mana ada klien yang sempat memberikan testimoni pada sebuah website dan klien yang membeli barang via online umumnya adalah orang yang sibuk. 
  3. Perhatikan dengan seksama website toko online tersebut. Jika harga yang ditawarkan sangat murah dan sangat irrasional, misalnya diskon 25% sampai 50% itu sudah jelas penipuan. Secara logika darimana penjual dapat untung jika memberi diskon 25% sampai  50%. Mungkin penjual mengatakan bahwa barangnya dari  Black Market, sehingga harganya murah. Fakta membuktikan bahwa 100% penjual yang mengatakan bahwa barangnya dari Black Market adalah penipu. Lagi pula untuk apa anda membeli barang Black Market yang sama sekali tidak mempunyai garansi jika barang rusak.
  4. Jika informasi alamat  website toko online tersebut anda peroleh dari kiriman SMS, Blackberry Messenger, Facebook dan  Twitter maka jangan pernah membeli pada website tersebut, karena dapat dipastikan 100% penipuan. Toko resmi tidak akan pernah menawarkan promo lewat SMS, Blackberry Messenger, Facebook dan  Twitter yang dapat mengganggu keamanan dan privasi orang lain. Hanya penipulah yang menggunakan cara yang tidak etis dan kurang sopan.
  5. Ujilah pemilik toko online tersebut dengan sistem pembayaran rekening bersama atau COD (Cash on Delivery). Jika pemilik toko online tidak mau dengan sistem pembayaran tersebut, maka dapat dipastikan pemilik toko online tersebut adalah penipu.
  6. Perhatikan alamat toko online tersebut. Jika alamat toko online tersebut ada di pulau Batam, Riau, Kalimantan, maka dapat dipastikan 100% penipuan. Jika diluar wilayah tersebut, uji pemiliknya dengan sistem pembayaran yang telah disebutkan di atas.
  7. Cek data  toko online tersebut di google, dengan kata kunci :  alamat toko online + penipu, alamat website + penipu, no. HP + penipu. Jika terindikasi penipu, maka jangan beli di toko online tersebut.
  8. Cek nomor telepon toko online tersebut. Jika hanya ada no HP kemungkinan besar adalah penipu. Biasanya toko resmi menampilkan nomor resmi dari telkom (bukan flexy).